10 September 2008

Baked Potato with Cheesemelt



Berawal dari request My Sistha yang kepengen dibuatin Baked Potato ala Wendy’s dan secara aku juga suka banget sama kentang panggang yang satu itu (hmm…kapan sih gak suka-nya?) maka bikin deh Baked Potato with Cheesemelt yang super duper yummy ini.

Resepnya sih udah lama banget aku punya, malah udah masuk primbon tuh :) tapi baru sempet mraktekin pas liat Diet Potato di Carrefour dan kebetulan di majalah Sedap edisi September 2008 juga ada resepnya (iklan-nya Maestro Mayonaise). Berdasarkan resep-resep yang ada, aku modifikasi dikit-dikit. Sebenernya sih gak sengaja modif (secara aku bukan chef yang ahli dalam modifikasi makanan) tapi lebih disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di dapur :)

Sayang banget fotonya gak siip, ya seperti biasa deh, secara malam hari, di dalam ruangan pula, yam au gak mau pasti pakai blitz deh.

Oya, cara bikinnya gampang banget, pertama-tama kentang dicuci dan dilap supaya kering, terus dibungkus aluminium foil dan dipanggang selama ± 1,5 - 2 jam dalam suhu yang panas. Lakukan tes tusuk dengan memakai garpu tanpa membuka alufoil untuk mengecek apakah kentang sudah matang atau tidak. Kalau dirasa sudah matang, keluarkan kentang dan belah empat melintang. Dari ujung belahan itu, tarik alufoil bersamaan dengan kulit kentang (kalau sudah matang,kulit akan terpisah dari daging kentangnya), taruh di atas situ keju mozzarella sampai menutupi permukaan kentang yang terbuka, dan kalau mau kejunya lebih nendang (cie…David Beckham kale nendang!) sisipkan potongan mozzarella ke dalam belahan kentang. Panggang lagi di dalam oven selama kurang lebih 10-15 menit sampai keju mozzarella meleleh.

Setelah mozzarella-nya meleleh, keluarkan kentang. Bubuhi dengan sambal botol secukupnya, kemudian bubuhi juga dengan mayones dan terakhir tambahkan parutan keju cheddar. Kentang siap disajikan. Harus dalam keadaan panas lho ya, supaya mozzarellanya masih dalam keadaan meleleh…. Hmm, sungguh yummy adanya, Alhamdulillah….

Tidak ada komentar: